Seiring berkembangnya zaman, tekhnologi juga semakin berkembang pula. Tentu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap pengsa pasar. Para konsumen juga tentu membutuhkan barang-barang atau jasa yang telah mengalami pembaruan. Sebelumnya karena mereka juga cenderung mengikuti alur daripada perkembangan zaman. Begitupun dengan bahan pangan, dari waktu ke waktu tentu permintaan terkait bahan pangan berbeda dari saat sebelumnya, khususnya di bidang sayuran. Untuk itu perlu diadakannya strategi marketing yang pas di tiap-tiap toko untuk mengimbangi gejala social tersebut. Salah satu strategi yang paling pas dan sering digunakan adalah STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Pemilihan ini dapat dilihat dari umur, tempat tinggal, pendapatan, pola hidup, atau cara mereka mengonsumsi sebuah produk. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Targeting adalah mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua factor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan resource perusahaan.
Positioning adalah upaya untuk menempatkan brand yang ditawarkan dalam benak konsumen. Positioning menjelaskan diferensi produk yang ditawarkan terhadap produk pesaing. Diferensiasi yang bisa dilakukan produsen beragam bentuknya, misalnya memberikan nilai manfaat lebih dari penggunaan produk. Inovasi produk, keunggulan produk, kualitas pelayanan dan lain-lain.
Aplikasi Strategi Marketing STP Suplay sayur dan buah Abah Kholil
- Segmentasi
Suplay sayur dan buah Abah Kholil merupakan sebuah jasa yang menyediakan berbagai macam sayuran dan buah dimana jasa tersebut pangsa pasarnya dibagi menjadi tiga jenis pangsa pasar, yaitu :
1. Restoran
Tempat restoran merupakan pangsa pasar yang utama dikarenakan restoran membutuhkan sayuran dan buah setiap hari secara rutin. Sehingga usaha Suplay sayur dan buah Abah Kholil memfokuskan kepada segmenntasi dari tempat restoran ini.
2. Warung makan
Di dalam segmen ini, Suplay sayur dan buah Abah Kholil membagi konsumen berdasarkan strata sosial. Warung makan dapat dikatagorikan di kalangan menengah atau dibawah fokus yang pertama yaitu restoran. Warung makan ini meliputi warung bakso, warung nasi goreng, depot dan lain-lain.
3. Tengkulak
Segmen ini merupakan segmen yang mana juga difokuskan oleh Suplay sayur dan buah Abah Kholil, akan tetapi tidak diutamakan disebabkan segmen tengkulak ini tidak selalu rutin belanja ke satu tempat dan persaingan dari kompetitor lain sangatlah ketat. Konsumen ini selalu membandingkan lebih dari satu tempat.
- Targeting
Lokasi Suplay sayur dan buah abah kholil sangat strategis, bertempat di dukuh kupang dan keputran. Harga yang ditawarkan masih terjangkau oleh kalangan menengah kebawah. Abah kholil meliki target dalam usahanya yaitu seberat apapun situasi, tetap tidak mengecewakan pelanggan alasannya karena pelanggan merupakan raja yang harus di penuhi setiap kebutuhannya. Target yang kedua Suplay sayur dan buah abah kholil adalah ingin menyuplay sayur dan buah lebih banyak lagi hingga bisa mengirim menggunakan Truk, karena sebelumnya menyuplay sayur dan buah menggunakan Pick up.
- Positioning
Abah Kholil mengaku tidak pernah merasa mempunyai pesaing dalam bisnisnya. Beliau menganggap bahwa kompetitor itu pada hakekatnya adalah teman, karena menurut beliau yang paling mengerti kondisi terkait bisnis beliau seperti kebutuhan, kekurangan, kelebihan adalah kompetitor. Bahkan dalam bisnis ini Abah Kholil mematok harga yang sama dengan kompetitor lainnya. Beliau berprinsip, bahwa rezeki sudah ada yang mengatur.
Kelompok 2 :
Nabra Surizky
Panji Setiawan
Sindi Kurnia Pratiwi
Siska Purnama
Nur Afifah
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical