Langsung ke konten utama

PLACE - Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil


         Abah Kholil merupakan suplayer sayur dan buah. Strategi Pemasaran suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil menggunakan dua cara, yakni sales agent dan retailer. Abah Kholil menggunakan strategi sales agent karena bahan yang dijualnya tidak dapat bertahan lama. Jika Abah Kholil menyetok produknya, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerugian di dalam usahanya. Sehingga Abah Kholil tidak dapat menyetok banyak produk. Selain menggunakan sistem sales agent, Abah kholil menggunakan sistem Retailer. Sistem retailer ini selalu di gunakan Abah Kholil untuk menjual produknya. Sistem Retailer merupakan suatu kegiatan, di mana penjual menjual barangnya langsung kepada konsumen. Hal ini memberikan keuntungan terhadap Abah Kholil dan pembelinya. Keuntungan Abah Kholil, dia dapat menjual harga barang lebih murah di bandingkan penjual lainnya karena tidak adanya saluran distribusi yang lain. Jika terdapat saluran distribusi di dalam usahanya, maka mengakibatkan barang yang ia jual sama atau bahkan lebih tinggi dari harga jual di pasar.
        Oleh karena itu, ketika harga produk Abah Kholil lebih murah di banding penjual yang lain, hal ini berpengaruh terhadap banyaknya pembelian barang oleh konsumen. Selain keuntungan yang di dapat oleh Abah Kholil, pembeli juga dapat di untungkan. Yakni, ia dapat membeli sayur & buah di Abah Kholil dengan harga yang lebih murah ketimbang penjual lain. Faktor yang mempengaruhi penjualan Suplayer Buah & Sayur Abah Kholil terrdapat di karateristik customer. Abah Kholil sempat mentarget sayurnya dapat masuk minimal satu restoran di Surabaya. Tetapi yang terjadi saat ini, Abah Kholil dapat memasukki beberapa restoran untuk menyuplai sayur-sayurnya kepada mereka. Sayur & Buah Abah Kholil tidak hanya di jual belikan di passer tradisional ataupun di kirim ke beberapa restoran. Ia juga memasarkan produknya via online. Pemsaran dengan via online yakni, ia mengirimkan produk yang di pesan oleh pelanggan ke tempat tujuan. Sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot untuk pergi ke pasar. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan banyaknya customer yang di dapatkan oleh Abah Kholil untuk pembelian produknya.

Kelompok 2 :
Nabra Surizky
Panji Setiawan
Sindi Kurnia Pratiwi
Siska Purnama
Nur Afifah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STP Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil

       Seiring berkembangnya zaman, tekhnologi juga semakin berkembang pula. Tentu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap pengsa pasar. Para konsumen juga tentu membutuhkan barang-barang atau jasa yang telah mengalami pembaruan. Sebelumnya karena mereka juga cenderung mengikuti alur daripada perkembangan zaman. Begitupun dengan bahan pangan, dari waktu ke waktu tentu permintaan terkait bahan pangan berbeda dari saat sebelumnya, khususnya di bidang sayuran. Untuk itu perlu diadakannya strategi marketing yang pas di tiap-tiap toko untuk mengimbangi gejala social tersebut. Salah satu strategi yang paling pas dan sering digunakan adalah STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)     Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Pemilihan ini dapat dilihat dari umur, tempat tinggal, pendapat