Langsung ke konten utama

PRICE - Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil

Dalam menentukan harga, Abah Kholil selalu melihat terlebih dahulu harga-harga yang di patok oleh para pesaing didalam pasar tersebut. Beliau mempertimbangkan harga dari pesaing untuk produk yang sama. Ketika di jumpai pesaing yang memasang harga lebih rendah dari beliau, yang dilakukan Abah Kholil adalah menganalisis/mengevaluasi kembali nilai produk tersebut bagi konsumenya. Namun dalam melihat harga yang ditetapkan oleh pesaing, pak kholili juga memahami terlebih dahulu keadaan pesaing tersebut secara keseluruhan, misalnya rekanan vendor dengan harga khusus, jaringan promosi yang luas, dan sebagainya. Hal tersebut yang menurut kami sudah cukup tepat karna hal tersebut sudah mencakup proses menentukan harga yang tertera dalam anjuran salah satu proses marketing mix dalam menentukan harga.
Namun dalam menanggapi hal demikian, kami menganggap masih ada beberapa hal yang masih perlu di perhatikan oleh pak kholili dalam menentukan harga sayur dan buah supaya bisnis beliau bisa lebih berkembang dan bertambah besar. Akhirnya Kita menawarkan beberapa solusi kepada beliau, diantaranya adalah memperkiraan harga tengkulak dan biaya-biaya lain terkait pengadaan bahan sayur dan buah tersebut. Selanjutnya harga jual yang di tetapkan oleh Abah Kholil harus mampu menutupi semua biaya yang dikeluarkan tadi. Kita juga menawarkan cara agar keuntungan beliau bisa bertambah besar, daintaranya dengan menurunkan biaya pengadaan.
Di marketing mix telah di sebutkan beberapa cara dalam menurunkan biaya produksi (biaya pengadaan) diantaranya yaitu :
Mengurangi variasi produk
Memindahkan tempat usaha/produksi
Memangkas biaya operasional  lewat automasi
Dengan memperhatikan 3 hal diatas, diharapkan pak kholili mampu memasang harga yang bisa lebih tepat dan dapat mengantongi keuntungan yang lebih tinggi dari seabelumnya. Kami juga sempat memberikan tawaran kepada pak kholili agar beliau kembali mempertimbangka dan menentukan permintaan. Karena semakin tinggi harga maka akan semakin rendah tingkat permintaan dan lewat hal tersebut juga bisa membantu  dalam mengetahui seberapa tepat harga yang sudah Abah Kholil tetapkan di mata para konsumen.

Kelompok 2 :
Nabra Surizky
Panji Setiawan
Sindi Kurnia Pratiwi
Siska Purnama
Nur Afifah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STP Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil

       Seiring berkembangnya zaman, tekhnologi juga semakin berkembang pula. Tentu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap pengsa pasar. Para konsumen juga tentu membutuhkan barang-barang atau jasa yang telah mengalami pembaruan. Sebelumnya karena mereka juga cenderung mengikuti alur daripada perkembangan zaman. Begitupun dengan bahan pangan, dari waktu ke waktu tentu permintaan terkait bahan pangan berbeda dari saat sebelumnya, khususnya di bidang sayuran. Untuk itu perlu diadakannya strategi marketing yang pas di tiap-tiap toko untuk mengimbangi gejala social tersebut. Salah satu strategi yang paling pas dan sering digunakan adalah STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)     Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Pemilihan ini dapat dilihat dari umur, tempat tinggal, pendapat