Langsung ke konten utama

PROMOTION - Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil


Dalam bisnis yang kami dampingi yaitu bisnis Suplay sayur dan buah Abah Kholil, kami mengetahui bahwa bisnis ini menggunakan promosi “menjalin hubungan baik kepada masyarakat sekitar” ketanya, hal tersebut yang kami dapat dari hasil wawancara yang kita lakukan. Dalam marketing mix strategi yang digunakan termasuk strategi sales promotion yang dimana disini menggunakan Promosi Penjualan yaitu cara langsung yang digunakan untuk menarik pembeli, sifatnya jangka pendek.
       Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis, dengan promosi kita mengenalkan produk kita kepada masyarakat. Jika produk yang kita jual berkualitas, maka akan banyak masyarakat yang mencarinya. Sebaliknya, jika kita tidak dapat mempromosikan produk kita dengan baik, maka bisa jadi masyarakat tidak akan mengenal produk kita seperti apa dan tidak akan membelinya tentunya. Hal tersebut akan membuat sebuah sebuah bisnis menjadi gulung tikar. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara-cara promosi untuk mempertahankan bisnis kita.
         Kami memberikan solusi terhadap Suplay sayur dan buah Abah Kholil ini, yaitu mempromosikan sayur dan buahnya menggunakan strategi Personal atau Direct Selling, dimana strategi ini menurut kami sangat pas untuk bisnis Suplay sayur dan buah Abah Kholil, dimana penjualan dilakukan kepada konsumen yang ditarget melalui kontak secara langsung antara penjual dengan pembeli yang dilakukan di luar lingkungan retail. Ada beberapa Direct Selling yaitu sales, reseller, telemarketing dan lain-lain, dalam bisnis Suplay sayur dan buah ini dibutuhkan reseller untuk semakin memperluas bisnis ini dan banyak dikenal oleh masyarakat. Telemarketing fungsinya untuk memudahkan antara penjual dan pembeli untuk semakin mempercepat akses komunikasi. Hal tersebut kita lakukan untuk memperluas Suplay sayur dan buah Abah Kholil agar kedepannya bisa perlahan-lahan dikenal oleh masyarakat sekitar dan bisa semakin meluas harapannya.

Kelompok 2 :
Nabra Surizky
Panji Setiawan
Sindi Kurnia Pratiwi
Siska Purnama
Nur Afifah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STP Suplayer Sayur dan Buah Abah Kholil

       Seiring berkembangnya zaman, tekhnologi juga semakin berkembang pula. Tentu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap pengsa pasar. Para konsumen juga tentu membutuhkan barang-barang atau jasa yang telah mengalami pembaruan. Sebelumnya karena mereka juga cenderung mengikuti alur daripada perkembangan zaman. Begitupun dengan bahan pangan, dari waktu ke waktu tentu permintaan terkait bahan pangan berbeda dari saat sebelumnya, khususnya di bidang sayuran. Untuk itu perlu diadakannya strategi marketing yang pas di tiap-tiap toko untuk mengimbangi gejala social tersebut. Salah satu strategi yang paling pas dan sering digunakan adalah STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)     Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Pemilihan ini dapat dilihat dari umur, tempat tinggal, pendapat